Senin, 24 November 2014

"UTHLUBUL 'ILMA WALAW BISHIIN"


ﺍُﻃْﻠُﺒُﻮْﺍ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢَ ﻭَﻟَﻮْ ﺑِﺎﻟﺼِّﻴْﻦِ، ﻓَﺈِﻥَّ ﻃَﻠَﺐَ ﺍﻟْﻌِﻠْﻢِ ﻓَﺮِﻳْﻀَﺔٌ ﻋَﻠَﻰ
ﻛُﻞِّ ﻣُﺴْﻠِﻢٍ

Carilah ilmu meskipun di negeri Cina,karena mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim.

Meski ditengah pengawasan si bos. Dan harus menjalankan kewajiban yang begitu banyaknya dirumah bos,dari pagi sampai malam, namun itu semua tidak menghalangi niat ku juga teman teman seperjuangan yang lain untuk tetap bisa menuntut ilmu di sela sela kesibukan sebagai pembantu rumah tangga.

Di waktu libur yang cuma dua kali sebulan tidak pula menyurutkan tekad langkahku menuju majlis ilmu. Ku manfaatkan hari liburku dari pagi sampai sore hari untuk belajar dan belajar, sehingga tidak ada lagi waktu untuk ku berhura hura yang tidak ada manfaatnya.

Disaat diluaran sana banyak sekali yang menggunjingkan profesi ganda TKW Hongkong dari segi negatifnya,mereka terlupa dan menutup mata bahwa sebenarnya hanya segelintir saja orang orang yang berbuat negatif.

Banyak sekali tkw yang pulang dengan status sarjana, dan begitu banyak pula tkw yang mempunyai segudang prestasi juga profesi positif lainya.
Di hari libur bisa kita jumpai mbak mbak yang sedang belajar merias, fotografer, mengaji,menari,bela diri,dan banyak lagi yang tidak bisa saya sebut satu persatu.

Janganlah menilai seseorang dari luarnya saja mungkin istilah ini sangat tepat diperuntukkan bagi mereka mereka yang selalu memandang sebelah mata pada kami para tkw.

“Uthlubul ‘ilma walaw bishshiin”, tuntutlah ilmu
sampai ke negeri Cina. Hadits ini diriwayatkan dari jalan Abu ‘Atikah Al Bashri, dari Anas bin
Malik.

Terlepas dari shahih tidaknya hadits tsb, kenyataan banyak ulama men-sitirnya dalam khutbah-khutbah, alasannya secara maknawi
kalimat Tuntunlah Ilmu Sampai ke Negeri Cina adalah baik. Kata “Cina” bisa jadi hanya sekedar kiasan untuk mengingatkan umat akan
pentingnya mencari ilmu/pengetahuan yg mana
perlu diupayakan secara luas, bila perlu hingga ke negeri-negeri seberang.

Perkara hadits di atas palsu atau bukan, wallahu ‘alam. Untuk menguatkan arti pentingnya dalam menuntut ilmu, sebaiknya digunakan saja dalil yang keshahihannya sudah disepakati semua
ulama, salah satunya adalah :

“Menuntut ilmu hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim”. (HR.Muslim). Wallahu ‘alam bishshowwab.

Tetap semangat menuntut ilmu dimanapun berada dengan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada jangan sampai waktu kita terbuang sia sia.

Semoga disaat kita kembali ketanah air nanti kita bisa menjadi mantan tki yang berkreasi yang bisa menciptakan lapangan kerja dengan ilmu yang kita punya, dan bisa memberi manfaat bagi masyarkat banyak..

KAYAU!!!!! (y
);

Tidak ada komentar:

Posting Komentar